img

Review Lengkap Samsung Galaxy J7 2016

/
463 Views

Samsung Galaxy J7 2016 mewakili generasi baru dari ponsel Samsung dengan harga terjangkau:
dengan tampilan stylish, frame logam yang kokoh, dan bahkan dengan beberapa fitur premium  seperti shortcut kamera Quick Launch.

Dalam pasar ponsel Android sangat kompetitif, 5,5 ” Galaxy J7 2016 memiliki banyak saingan dan banyak kompetitor yang datang dengan harga yang jauh di bawah harga yang Samsung telah ditetapkan di sini.

Apakah merek Samsung, TouchWiz yang lebih halus dan kinerja Galaxy J7 2016 akan sesuai harapan? Mari Kita lihat reviewnya.

Review Lengkap Samsung Galaxy J7 2016

Kelengkapan dalam Kotak:

  • Galaxy J7 2016
  • Charger didin (5V – 1.55A)
  • Kabel USB to microUSB
  • Earbuds Samsung warna putih
  • User manual

Desain

Bingkai logam memang baik untuk dimiliki, tetapi desainnya terasa umum dan penutup belakang yang terbuat dari plastik terasa murah.

tampilan samsung galaxy J7 2016Galaxy J7 2016 merupakan evolusi atas tampilan tradisional plastik ponsel Samsung. Bahkan, simpanlah tentang bingkai logam, ponsel ini tampak seperti ponsel Samsung umumnya dengan kembali ke tata letak khas dengan grill speaker berwarna silver yang diperkenalkan pada tahun 2012, sekitar empat tahun yang lalu. Namun, bingkai logam membawa ukiran baru yang sering kita temui pada ponsel Samsung modern, jadi semua desain seakan-akan menyatu bersama-sama antara masa lalu dan masa kini.

Dari sudut pandang praktis, desain Galaxy J7 2016: kokoh, tanpa suara berdecit, solid, dan kembali sidik jari tidak membekas. Namun, penutup belakang dari plastik terasa jelas murah.

Tombol-tombol yang diletakkan dengan baik, meskipun: semua terbuat dari logam dan merasa sangat clicky dan nyaman untuk ditekan. Ada tombol kunci di sebelah kanan dan dua tombol volume terpisah di sebelah kiri, sementara di bagian depan ada tombol fisik tunggal (Home Key), tapi itu hanya tombol biasa – sayangnya tidak ada sensor sidik jari disini. Pada bagian bawah ponsel adalah port microUSB untuk pengisian.

Dalam hal ukuran dan bobot, Galaxy J7 tergolong seimbang untuk sebuah ponsel dengan layar 5,5″: tidak terlalu lebar karena hanya 2,99 inci (76mm) dan ketebalan agak tipis yaitu 7.8mm. Berat ponsel setelah ditimbang adalah 169g, tidak terlalu berat atau terlalu ringan untuk sebuah ponsel ukuran ini.

tampilan samsung galaxy J7 2016

Layar

Layar 5,5″ 720 x 1280 pixel tidak terlalu tajam, dan warnanya sedikit pudar, tapi kejutan besarnya adalah bahwa tidak ada sensor ambient light (sensor cahaya)! Ayolah, Samsung!

 samsung galaxy J7 2016

Galaxy J7 2016 5,5 inci Super AMOLED dengan resolusi 720 x 1280 piksel. Dengan kerapatan 267 ppi (pixel per inci), yang dalam istilah sederhana berarti bahwa pada layar ini Kamu dapat melihat  sedikit pixelization dan layar tidak akan terlihat setajam pada ponsel yang high-end.

Bagaimana dengan warna? Samsung datang dengan menampilkan AMOLED sebagai pilihan untuk membuat layar lebih rapi. Secara default tampilan ‘Adaptive’ mode memiliki warna yang kurang realistis dan putih kebiruan, menjadikan tampilannya nyaris seperti kartun.

Dengan mengganti setelan layar Samsung AMOLED ke ‘Basic’ mode (Kamu dapat melakukan ini dengan masuk ke Settings – Display – Screen mode), karena ini adalah modus yang paling mendekati dengan standar warna sRGB, standar de facto untuk semua gambar dan video di web dan Android. Namun, Galaxy J7 2016 tidak memiliki warna yang benar-benar seimbang dalam mode ini: warna biru kebanyakan akurat, tapi warna merah dan hijautidak cukup akurat. Warna putih nampak agak sedikit kehijauan di mode ini.

Galaxy J6 2016 juga tidak layarnya tidak cukup terang: di luar ruangan, pada hari yang cerah, Kami merasa sulit untuk membaca konten pada layar dan harus melindungi dengan tangan. Sudut pandang layar yang tidak buruk. Walaupun begitu kecerahan layar dipertahankan pada sudut yang berbeda.

Kami meninggalkan kekecewaan terbesar, namun untuk terakhir: Galaxy J7 2016 tidak memiliki sensor cahaya (light ambient)! Apakah masuk akal? Iya! Ini bukan model ponsel termurah, namun tetap tidak memiliki fitur penting seperti penyesuaian kecerahan otomatis! Selain Kamu harus repot menyesuaikan tingkat kecerahan secara manual, hal ini menyebabkan tingkat kecerahan selalu tinggi, akhirnya daya tahan baterai diambil oleh sesuatu yang tidak perlu. Di situ terdapat “Auto Toggle”, Kita bisa memilih mode “Outdoor” yang akan memaksimalkan tingkat kecerahan layar, dan kemudian akan otomatis kembali seperti semula setelah beberapa saat. Dari penampilan terlihat seperti ada sensor pada bezel atas telepon, tampaknya itu sebuah sensor cahaya (light ambient), tapi pilihan untuk mengaktifkannya tidak tersedia, dan alat diagnostik seperti CPU-Z tampaknya tidak mampu mendeteksi komponen tersebut dengan baik. Sungguh hal yang aneh.

Antar Muka dan Fungsi

Samsung telah menempatkan Android 6.0 terbaru di Galaxy J7 2016 dan itu bagus untuk ponsel dengan harga terjangkau. TouchWiz juga bekerja dengan cukup baik.

Kami terkejut melihat peluncuran Samsung mid-range seri A masih menggunakan Android 5 Lollipop. Untungnya, Galaxy J7 6 tidak mengulangi kesalahan yang sama: Galaxy J7 dilengkapi dengan OS yang lebih up-to-date yaitu Android 6 Marshmallow dengan fitur hemat daya dan peningkatan keamanan.

Tentu saja, karena ini adalah ponsel Samsung, sulit untuk mengatakan Kamu sedang menjalankan Android karena Antar muka (user interface) berupa kustom TouchWiz cukup luas, tapi kali ini tampaknya bekerja cukup baik dan menawarkan beberapa fitur cukup yang berguna. 

Kemudian, ada Flipboard Magazine yang dapat diaktifkan secara default dan terdapat di paling kiri panel pada layar awal. Dibutuhkan waktu singkat untuk memuat, namun Samsung tampaknya telah melakukan beberapa optimasi, sehingga ponsel tidak lagi membeku/lag selama satu atau dua detik ketika sedang memuat, masalah menjengkelkan yang hadir di sei ponsel Galaxy A (2016).

Untuk yang lain, TouchWiz datang dalam warna segarnya yang telah kita lihat di S7 dan S7 Edge dan semua fitur telah diperbaiki yang membuatnya terlihat lebih baik. Tentu saja, Kamu juga dapat meng-customize tampilan menggunakan Tema Samsung

user interface samsung galaxy J7 2016

Kinerja Processor dan Memory

Exynos 7 Octa dengan RAM 2 GB cukup baik untuk memberikan kinerja yang cukup halus.

specification samsung galaxy J7 2016

Samsung Galaxy J7 2016 mungkin bukan yang paling kuat dibandingkan ponsel di luar sana: ponsel ini dilengkapi dengan Samsung Exynos 7 Octa 7870 Chip menampilkan delapan core Cortex A53 hemat daya yang berjalan sampai dengan 1.6GHz, dikawinkan dengan RAM 2GB. Yang penting tentang chip ini adalah bahwa meskipun jelas menjadi prosesor mid-range, chip ini dibuat pada proses manufaktur 14nm dengan non-planar, teknologi FinFET yang biasanya tersedia untuk chip yang lebih tinggi. Ini adalah langkah besar daripada pesaing yang masih menjalankan chip MediaTek yang dibuat pada proses manufaktur yang lebih tua.

Dan chip ini telah melakukan tugasnya dengan baik. Ada sedikit lag dan secara umum terasa halus ketika digunakan sehari-hari.

Core A53 bukanlah top-performers dalam hal kemampuan komputasi, sehingga skor benchmark tidak mencetak skor yang sangat tinggi, tetapi dalam skenario kehidupan nyata, ponsel berhasil melakukannya dengan baik.

Gamer juga harus tahu bahwa ponsel ini dilengkapi dengan GPU Mali-T830, yang merupakan pemain yang agak rata-rata. GPU ini bukanlah monster gaming, tetapi masih dapat menjalankan game yang umum. Lihatlah skor benchmark untuk melihat bagaimana ponsel ini mampu berkompetisi.

Penyimpanan internal datang dengan ukuran 16GB pada Galaxy J7 2016, dimana sekitar 10GB tersedia untuk menyimpan data pengguna. Untungnya, Kamu juga dapat menambahkan kartu microSD hingga 128 GB untuk memperluas penyimpanan

 

benchmark samsung galaxy J7 2016

Internet dan Konektivitas

Konektivitas 4G LTE mendukung semua jaringan besar dan jaringan LTE.

Seperti kebanyakan ponsel Samsung, Galaxy J7 (2016) dilengkapi dengan dua browser pre-loaded: internet samsung galaxy J7 2016built-in Samsung Browser, serta Google Chrome mobile.
Secara default Browser Samsung dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, tetapi Google Chrome memiliki kelebihan berupa mampu mensinkronisasi bookmark dan history browser di semua perangkatmu, termasuk desktop dan laptop.

Galaxy J7 2016 mendukung 4G LTE dengan band 1, 3, 5, 7, 8 dan 20 untuk FDD-LTE, dan band 40 untuk TDD- LTE. Ponsel ini memiliki modem LTE kategori 6 dengan kapasitas teoritis hingga  300 Mbps (download)..

Dalam hal konektivitas lain, Kamu juga menemukan WLAN b/g/n, Bluetooth 4.1 dan dukungan NFC.

Kamera

Kamera yang sangat baik: menangkap gambar yang tampak hebat dalam cahaya yang cukup dan sangat cepat ketika dijalankan. Kudos untuk antarmuka kamera yang sangat baik.

samsung-galaxy-j7-2016-review-009-cam

Galaxy J7 2016 dilengkapi kamera belakang 13 megapixel dengan lebar lensa f/1.9  dan di depan kamera selfie 5 megapiksel.

Pengalaman kamera adalah salah satu yang terbaik yang dapat kamu miliki dai ponsel saat ini. Galaxy J7 2016 mendukung shotcut Quick Launch untuk kamera: hanya 2 kali klik pada tombol Home dari kondisi apapun (bahkan ketika ponsel terkunci) dan aplikasi kamera akan segera dimulai dengan cepat. Antarmuka kamera sangat nyaman: memiliki tombol terpisah untuk video dan tombol capture foto, memungkinkan Kamu untuk menghentikan sementara video recording dan menekan tombol untuk beralih antara depan dan kamera belakangkamera depan dan belakang.

Ini perlu dicatat bahwa secara default ponsel menangkap gambar di rasio aspek 4: 3 dengan resolusi 13 megapixel, tetapi Kamu juga bisa menangkap gambar 16: 9 dengan resolusi 9 megapixel.

Kualitas gambar

Kualitas gambar pada Galaxy J7 2016 cukup baik, mengingat harga ponsel.

Ponsel tidak memiliki jangkauan dinamis dari ponsel yang lebih mahal dan kadang-kadang agak lambat ketika menentukan fokus, tetapi untuk semua gambar ternyata sangat menyenangkan, dengan detail yang tajam dan dengan warna yang bagus yang terasa jenuh (tapi yang khas untuk kamera smartphone). Bahkan, kami cukup terkesan dengan gambar berasal dari Galaxy J7 2016.

Kualitas foto meleset dari harapan ketika kondisi rendah cahaya. Gambar sering berubah menjadi kabur dan fokus kadang-kadang meleset dari sasaran. Jika Kamu memegang ponsel dengan stabil dan hati-hati, Kamu masih bisa mendapatkan gambar yang tajam, tapi itu jauh lebih sulit untuk melakukan hal ini. LED flash bawaan cukup kuat, tapi menghasilkan gambar yang mengecewakan, dingin, kehijauan seperti zombie, merusak warna dan kami lebih suka tidak menggunakannya sama sekali.

Kami senang dengan kualitas kamera selfie depan dengan resolusi 5 megapiksel dari Galaxy J7 2016. Dengan menampilkan warna yang sangat menyenangkan, berhasil menangkap kedua warna kulit dengan baik, serta mempertahankan beberapa detail dalam latar belakang. Walaupun dari segi ketajaman masih kurang tapi secara umum dapat dikatakan bagus.

camera samsung galaxy J7 2016

camera speed samsung galaxy J7 2016

Kualitas Video

Ini bukan kejutan bahwa Galaxy J7 2016 belum mampu merekam video resolusi 4K. Paling tidak masih dapat merekam cuplikan pada resolusi 1080p, 30fps dengan bitrate sekitar 17Mbps.

Kualitas video sangat baik untuk sebuah ponsel harga terjangkau: detail tajam dan berlimpah, dan warna yang ditangkap dengan cara yang sangat akurat dan menyenangkan. Paparan disesuaikan dengan baik dan secara bertahap, tanpa melompat tiba-tiba antara eksposur gelap dan terang. Namun, Kita harus tahu bahwa tidak ada stabilisasi sehingga video kadang berubah bergetar.

Kualitas Audio dan Speaker

Loudspeaker terlalu pelan dan audio tidak memiliki kedalaman, serta terdapat suara gemerisik logam.

Ada loudspeaker tunggal yang terletak di bagian belakang ponsel. Ketika Kamu menempatkan Galaxy J7 2016 dengan punggung ponsel di bawah, speaker ini akan diredam dengan mudah, yang merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Kualitas audio melalui loudspeaker terlalu pelan dan kurang terlalu mendalam, ditambah Kami merasa kurang dalam hal kejelasan dan terdapat gemerisik suara logam.

audio benchmark samsung galaxy J7 2016

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai luar biasa: Galaxy J7 2016 tidak memiliki masalah untuk bertahan sehari penuh, dan bisa menjalankan dua hari penuh dengan rata-rata penggunaan.

Samsung Galaxy J7 2016 dilengkapi dengan baterai 3.300 mAh yang mudah untuk dilepas.baterai samsung galaxy J7 2016

Kami menempatkan telepon melalui uji kebiasaan yang mengukur penggunaan ponsel yang khas dengan layar selalu dihidupkan selama tes. Juga, kita mengatur kecerahan layar pada 200 nits, tingkat yang nyaman untuk melihat dalam ruangan. Jadi berapa lama baterai yang bertahan?

Dengan baterai mampu bertahan hampir 11 jam, ini adalah salah satu ponsel tahan lama yang pernah diuji. Kamu dapat mengharapkan Galaxy J7 2016 untuk dengan mudah bertahan sehari penuh, dan sampai dua hari dengan menggunakan setelan moderat.

Mengingat bahwa baterai 3.300 mAh agak besar, penting untuk mengukur berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai ponsel kembali dari nol sampai 100% dengan charger bawaan. Samsung tidak menyertakan Fast Adaptive Charger andalannya sini. Tetapi charger bawaan masih sedikit lebih cepat dari biasanya dengan output sebesar 7,75 watt. Namun, masih dibutuhkan waktu cukup panjang yaitu dua jam dan 20 menit untuk sepenuhnya mengisi ulang ponsel.

baterai benchmark samsung galaxy J7 2016

Kesimpulan

 samsung galaxy J7 2016Setelah semua telah direview, saatnya untuk menarik garis dan melihat seberapa baik Galaxy J7 2016. Versi ini adalah peningkatan dari segi desain di segmen harga terjangkau, dengan bingkai logam, tetapi penutup belakang terbuat dari plastik terasa murah dan tidak setara bahkan dengan ponsel murah Android yang beredar Cina hari ini. Kurangnya pemindai sidik jari juga cukup mengejutkan. Tampilan pada Galaxy J7 2016 juga sedikit keluar dari harapan: warnanya kurang menarik, dan – yang mengejutkan – tidak memiliki pengaturan auto-brightness. Kualitas audio melalui loudspeaker juga mengecewakan.

Pada catatan yang lebih positif, Galaxy J7 2016 berjalan mulus dan baik, memiliki kamera yang sangat layak yang juga cepat untuk dimulai dan fitur baterai yang luar biasa.

Kemudian, urusan harga: Galaxy J7 2016 dijual Rp 3.415.000 di situs Lazada.

Dari semuanya, rasanya seperti Samsung telah memperbaiki kinerja dan masalah pada ponsel harga terjangkau, tetapi harus melakukan lebih baik dalam hal desain dan harga agak diturunkan agar lebih terjangkau.

Kelebihan

  • Baterai yang mengesankan
  • Kinerja cukup halus
  • Mendukung penyimpanan eksternal melalui kartu microSD
  • Cepat untuk memulai kamera

Kekurangan

  • Tidak ada pemindai sidik jari
  • Plastik kembali terasa murah
  • Agak mahal untuk fitur yang dimenawarkan
  • Tidak ada pilihan video resolusi 4K

Demikian semoga bermanfaat. Terima kasih.

Credit: Victor H (PhoneArena)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

It is main inner container footer text