img

Cara Mengatasi Google Play Store Error

/
647 Views

Cara Mengatasi Google Play Store Error – Google Play Error? Muncul Kode dan Pesan yang intinya Kamu jadi tidak bisa download atau update aplikasi? Sebel, bingung, marah adalah perasaan yang muncul apabila aplikasi yang satu ini berasalah. Tentu saja karena app store ini jadi tempat bagi hampir semua pengguna Android mencari aplikasi yang aman dan sesuai kebutuhan. Tapi tenang saja, di artikel aku kali aku akan membagi penjelasan kode google play error disertai solusi yang dapat dilakukan. Informasi ini diperoleh dari pengalaman penulis, AndroiPit, Forum XDA dan Forum lainnya.

 

Cara Mengatasi Google Play Store Error

Perhatian! Ada sekitar 34 jenis error / kesalahan beserta dengan kode error yang mungkin muncul ketika menggunakan SP Flash Tool. Karena banyak, untuk mempermudah mencari kode kesalahannya Silahkan gunakan fitur Search di web browser dengan cara tekan  Ctrl + F, lalu akan muncul kotak kecil di pojok kanan atas (Chrome) atau di bawah layar (Firefox). Kemudian masukkan kode errornya, misal: “941” lalu tekan Enter.

1. Google Play – Error DF-BPA-09 ‘Error Processing Purchase’

Masalah

Error Processing Purchase DF-BPA-09 cukup sering terjadi ketika mencoba untuk mendownload aplikasi. Masalah ini tidak akan hilang jika Kamu hanya mencoba mendownload lagi, sehingga Kamu perlu untuk masuk ke pengaturan.

Solusi

Masalahnya bukan terletak pada pengguna, tetapi pada Google Play sendiri, jadi kami berharap itu akan diperbaiki dalam waktu dekat. Saat ini mari Kita berharap semoga error ini segera diperbaiki kedepannya. Beberapa hal yang bisa dilakukan:

  • Pergi ke Pengaturan smartphone Kamu
  • Ketuk Apps atau Applications Manager (nama bervariasi tergantung pada smartphonemu).
  • Buka kolom ‘All’
  • Scroll ke bawah sampai Kamu melihat Google Services Framework
  • Lalu pilih clear data dan kemudian OK.
  • Jika ini tidak berhasil, buka situs Google Play pada Komputer (PC), Lalu install aplikasi yang bermasalah tadi. Kemudian kembali ke smartphonemu, buka Google Play lalu coba install kembali, cara ini harusnya berhasil.

 

2. Google Play – Error 194

Masalah

Kesalahan yang muncul ketika mencoba untuk mendownload game atau aplikasi dari Google Play Store.

Solusi

Untuk pesan Google Play error ini, perbaikannya adalah dengan menghapus data cache Google Play Services (atau Layanan Google Play – dalam bahasa Indonesia) dan Google Play Store.

  • Buka Setelan> Apps atau Aplications Manager
  • Geser ke tap ‘All’ kemudian cari Google Play Store.
  • Buka rincian aplikasi dan tekan tombol stop Force.
  • Berikutnya tekan tombol wipe data.
  • Sekarang ulangi proses di atas pada aplikasi Google Play Services. Terakhir silahkan coba download lagi.
  • Jika masih belum berhasil, jangan khawatir, masalah ini dapat juga diselesaikan dengan update versi terbaru dari aplikasi Play Store. Kamu hanya perlu mendownload Google Play Store APK dari situs download, contohnya di sini maka masalahmu akan selesai.

3. Google Play – Error 495

Masalah

Masalah mendownload atau memperbarui aplikasi dari Play Store.

Solusi

  • Hapus data Google Play Store di Settings > Apps > All > Google Play Store > Clear data. Hapus juga data Google Service Framework (catatan: dengan cara ini berarti Kamu perlu memasukkan Akun Google yang baru, seperti halnya ketika Kamu melakukan factory reset).
  • Hapus akun Googlemu di perangkat, reboot smartphonemu dan kembali tambahkan akun Googlemu di Settings > Accounts > Add Account > Google Account.

 

4. Google Play – Error 941

Masalah

Gangguan selama update.

Solusi

Buka Settings > Apps > All > Google Play Store dan tekan Clear cache dan Clear data. Masih di tempat yang sama, scroll ke bawah, cari Download Manager dan tekan Clear cache dan Clear data juga. Kemudian Coba update lagi.

solusi google play error

 

5. Google Play – Error rh01

Masalah

Kesalahan mengambil informasi dari server.

Solusi

  • Pertama: Buka Settings > Apps > All > Google Play Store dan tekan Clear cache dan Clear data. Lakukan hal yang sama pada Google Service Framework.
  • Kedua: Hapus akun Googlemu lalu reboot smartphonemu. Setelah itu tambahkan kembali akun Googlemu ke perangkat.

 

6. Google Play – Error rpc:s-5:aec-0

Masalah

Kesalahan mengambil informasi dari server.

Solusi

Buka Settings > Apps > All > Google Play Store dan pilih Clear cache lalu Uninstall update. Lakukan hal yang sama pada Download Manager dan Google Service Framework.

 

7. Google Play – Error 504

Masalah

Aplikasi tidak dapat diunduh karena kesalahan.

Solusi

  • Pertama: Biasa, silakan buka ke Settings > Apps > All > Google Play Store dan tekan Clear cache dan Clear data. Hapus juga cache dan data pada Google Services Framework.
  • Kedua: Coba hapus akun Googlemu, reboot smartphone lalu tambahkan lagi.

 

8. Google Play – Error 505

Masalah

Dua atau lebih aplikasi dengan duplikat izin

Solusi

Dari pesan Google Play error ini, Kamu perlu mencari tahu aplikasi manakah memiliki hak akses yang sama dengan aplikasi yang hendak kamu install dan menghapus aplikasi itu akan menyelesaikan masalah. Untuk melakukan ini, cari dan download file APK dari aplikasi yang ingin Kamu install kemudian coba restore aplikasi tadi dengan Lucky Patcher backup. Nantinya akan muncul peringatan tentang aplikasi yang menyebabkan konfik/masalah. Nama aplikasi yang muncul itulah yang perlu Kamu hapus/uninstall.

 

9. Google Play – Error 491

Masalah

Download dan update tidak memungkinkan.

Solusi

Hapus akun Googlemu dengan pergi ke Settings > Account > Google. Tekan Delete Account. Reboot Androidmu dan tambahkan akunmu kembali. Selanjutnya, buka Settings > Apps > All > Google Services, kemudian tekan Clear data dan terakhir tekan Force stop.

 

10. Google Play – Error 498

Masalah

Gangguan download dari Play Store Google.

Solusi

  • Masalahnya adalah cache perangkatmu penuh. Hapus aplikasi dan file yang tidak dibutuhkan. Restart smartphonemu dalam recovery mode dengan menekan tombol Volume bawah + Home + Power (untuk perangkat Samsung), atau volume bawah + power atau Volume bawah + power (cobalah mana yang berhasil untuk smartphonemu).
  • Recovery mode memberikan beberapa pilihan. Pilih Wipe cache partition dengan menaik-turunkan tombol volume lalu untuk Konfirmasi menggunakan tombol power.

solusi google play error

 

11. Google Play – Error 919

Masalah

Proses download berjalan namun tidak terjadi apa-apa setelah selesai mendownload.

Solusi

Ruang memori di Androidmu tidak mencukupi. Hapuslah semua data yang tidak perlu, seperti musik, video atau aplikasi besar.

 

12. Google Play -Error 413

Masalah

Mendownload aplikasi atau pembaruan adalah mustahil. Jika Kamu menggunakan proxy, ingat bahwa proxy dapat menyebabkan masalah dengan Google Play Store.

Solusi

Dalam Pengaturan, cari Apps (atau Application Manager), lalu geser ke ‘All’. Scroll ke bawah, pilih Google Services dan tekan Clear data dan kemudian Force stop. Lakukan hal yang sama pada aplikasi Google Play Store dan clear cache pada Internet Browsermu.

 

13. Google Play Store – Error 497

Masalah

Kesulitan memperbarui aplikasi terinstall

Solusi

  • Pertama: Bersihkan data Play Store. Pergi ke Settings > Apps > All > Google Play Store dan tekan Clear cache dan Clear data dan Uninstall update.
  • Kedua: Menonaktifkan SD Card-mu, jika Kamu memilikinya. Buka Settings > Storage > Unmount SD card.
  • Ketiga: Jika smartphonemu sudah di-root, Kamu dapat menghapus file APK dari aplikasi tersebut dan menginstallnya kembali. Untuk melakukannya, buka Root Explorer (atau aplikasi sejenis) dan arahkan ke System / app > Mount R/W> Hapus aplikasi. Atau Kamu dapat bermain aman dengan mengubah nama file APK dari aplikasi tersebut, contohnya GoogleSearch.apk.backup, sehingga Kamu dapat mengembalikannya jika terjadi sesuatu yang tidak beres.

 

14. Google Play – Error 921

Masalah

Kamu tidak dapat mendownload aplikasi.

Solusi

Coba hapus cache aplikasi Google Play Store. Jika ini belum berhasil, hapuslah semua data aplikasi Play Store, tapi perlu diketahui hal ini berakibat semua pengaturan yang telah Kamu buat akan terhapus. Sebagai usaha terakhir, hapus akun Googlemu, restart perangkat dan masukkan lagi akun Googlemu lagi.

 

15. Google Play – Package File Invalid

Masalah

Play Store error.

Solusi

  • Pertama: Buka Settings > Apps > All dan pilih aplikasi yang menyebabkan masalah, lalu pilih Clear cache dan Clear data. Coba lagi Google Play Store.
  • Kedua: Menginstal aplikasi melalui website Google Play Store.
  • Ketiga: Nonaktifkan Wi-Fi dan download atau memperbarui aplikasi menggunakan jaringan data seluler.
  • Keempat: Buka Settings > Apps > All > Google Play Store dan tekan Clear cache dan Clear data. Hapus juga cache dan data pada Google Services Framework.
  • Kelima: Hapus akun Googlemu, restart perangkatmu, tambahkan kembali akun Googlemu dan coba lagi.

 

16. Google Play – Error 403

Masalah

Download mustahil dan permintaan ‘dilarang’. Hal ini biasanya terjadi ketika dua akun Google digunakan untuk membeli aplikasi pada satu perangkat.

Solusi

  • Pertama: Buka Google Play Store dengan akun Google yang benar. Uninstall aplikasi yang bersangkutan. Cobalah untuk mendownload aplikasi dari Google Play lagi dan klik tombol purchase.
  • Kedua: Menghapus proxy yang mungkin telah disetel, dengan pergi ke Settings > Wireless and Network (atau More Network) > Mobile Network > APN, lalu tekan pilihan Clear Proxy. Kamu dapat mengembalikan setelan proxy setelahnya.
  • Ketiga: Solusi lain adalah dengan menghapus seluruh riwayat penelusuran yang dapat Kamu lakukan di Play Store dengan memilih tombol Settings. Selanjutnya, pilih Clear search history.
  • Keempat: Cobalah membuat akun Google baru dan menggunakannya untuk menggantikan akun yang lama di Play Store. Buka Google Play, dan pilih tombol menu. Kemudian pilih Accounts dan pilih akun Googlemu yang baru. Kemudian coba install kembali aplikasi.

Cara Mengatasi Google Play Store Error

 

17. Google Play – Error 944

Masalah

Kesalahan ini muncul ketika Kamu mencoba untuk memperbarui aplikasi dan tampaknya terjadi ketika Google Play Store down, atau ada semacam kesalahan server.

Solusi

Cobalah memperbarui aplikasi nanti. Tampaknya menjadi masalah sementara pada Google, jadi Kamu hanya harus menunggu.

 

18. Google Play Kesalahan – Error 406

Masalah

Aplikasi tidak dapat didownload. Kesalahan khusus ini dapat terjadi jika Kamu telah me-reset akun Google yang Kamu gunakan untuk mendaftar di ponselmu, jika Kamu telah mengembalikan perangkatmu ke pengaturan pabrik, atau jika telah mendaftarkan akun baru di ponselmu.

Solusi

  • Cukup dengan menghapus cache aplikasi. Pergi ke Settings> Applications> All> Google Play Store> Clear cache.
  • Jika belum berhasil, coba lagi pada koneksi jaringan yang berbeda.

 

19. Google Play – Error 923

Masalah

Download mustahil: kesalahan saat menyinkronkan akun Googlemu atau cache memori tidak cukup.

Solusi

Hapus akun Googlemu dan hapus aplikasi yang tidak berguna yang menghabiskan ruang. Berikutnya, reboot perangkatmu dalam recovery mode. Pilih Wipe cache partition dan restart perangkat seperti biasa. Jangan khawatir, data pribadimu tidak akan dihapus. Siapkan akun Googlemu sekali lagi.

 

20. Google Play – Error 492

Masalah

Tidak mungkin untuk menginstal aplikasi karena cache Dalvik.

Solusi

Buka Settings > Apps > All > Google Services, kemudian tekan Clear data dan terakhir tekan Force stop. Lakukan hal yang sama pada aplikasi Google Play Store.
Catatan: Jika masalah belum terselesaikan, coba hapus cache Dalvik. Untuk melakukan ini, masuk ke custom recovery mode (hanya jika smartphonemu sudah di- root). Solusi lain adalah dengan wipe data/factory reset. Opsi ini berlaku untuk semua pengguna dan dapat dilakukan dalam pada mode recovery. Hati-hati, hal ini akan menghapus datamu jadi pastikan semua datamu telah di-backup.

Cara Mengatasi Google Play Store Error

 

21. Google Play – Error 101

Masalah

Tidak dapat mengunduh aplikasi karena terlalu banyak aplikasi yang diinstall.

Solusi

Uninstall aplikasi lama dan tidak terpakai.

 

22. Google Play – Error 481

Masalah

Ada kesalahan dengan akun Google Play Store-mu.

Solusi

Hapus akun dan login dengan akun alternatif.

Cara Mengatasi Google Play Store Error

 

23. Google Play – Error 927

Masalah

Download tidak memungkinkan karena update dari Play Store sedang berlangsung.

Solusi

Tunggu beberapa menit sampai Google Play Store benar-benar diupgrade. Jika masalah terus berlanjut, pergi ke Settings, kemudian Apps, Geser ke All dan temukan Google Services. Tekan pada Clear data dan kemudian Force stop. Lakukan hal yang sama pada aplikasi Google Play Store.

 

24. Google Play – Error 961

Masalah

Masalah ketika menginstal aplikasi Android dari Play Store.

Solusi

Pertama, dapatkan pengembalian uang dari Play Store, yang dapat Kamu lakukan dalam waktu 15 menit setelah pembelian. Untuk melakukan ini, pilih opsi repayment di Play Store. Selanjutnya, masuk ke Settings dari perangkatmu dan pilih Apps dan geser ke kiri sampai Anda melihat Semua aplikasi. Sekarang scroll ke bawah dan pilih Google Play. Lalu pilih Clear cache. Jika masalah terus berlanjut, pilih Clear data juga.

 

25. Google Play – Kesalahan 911

Masalah

Anda tidak dapat mendownload aplikasi.

Solusi

  • Pertama: Pergi ke Pengaturan, Aplikasi, lalu geser ke Semua dan scroll ke bawah, temukan Google Services. Di sini, pilih Clear data.
  • Kedua: Jika Kamu berada di koneksi Wi-Fi yang membutuhkan halaman web login, pastikan Anda masih login.
  • Ketiga: Coba jaringan Wi-Fi lain.
  • Keempat: Beralih dari Wi-Fi ke layanan jaringan data seluler. Hanya lalukan ini jika Kamu merasa tidak masalah menggunakan data seluler.

 

26. Google Play – Error 920

Masalah

Kamu tidak dapat mendownload aplikasi.

Solusi

  • Pertama: Matikan Wi-Fi lalu aktifkan kembali, kemudian coba untuk mendownload atau memperbarui aplikasi yang dimaksud.
  • Kedua: Hapus akun Googlemu, restart perangkatmu dan tambahkan kembali akun Googlemu. Kamu juga dapat mencoba menggunakan akun alternatif.
  • Ketiga: Buka Pengaturan> Aplikasi> Semua> Google Play Store dan pilih Clear data dan Clear cache dan uninstall update. Restart perangkatmu, buka Google Play Store dan coba untuk mengunduh aplikasi lagi.

Cara Mengatasi Google Play Store Error

 

27. Google Play – Error 24

Masalah

Tidak diketahui.

Solusi

Anda memerlukan manajer root untuk menyelesaikan yang satu ini. Jika Anda memiliki satu, arahkan ke ‘Data/data’. Dalam folder itu, cari nama paket dari aplikasi yang menyebabkan masalah (ini dapat ditemukan dengan melihat URL dari aplikasi di situs Play Store). Hapus seluruh folder. Lalu coba menginstal ulang aplikasi.

 

28. Google Play – Error rpc:aec: ]

Masalah

Anda tidak dapat mendownload aplikasi.

Solusi

Hapus akun Googlemu. Hapus semua akun yang disinkronkan. Buka Pengaturan> Aplikasi> Semua> Google Play Store dan pilih Clear data. Restart perangkat Anda dan coba lagi.

 

29. Google Play – Error RPC:S-3

Masalah

Tidak dapat mengunduh aplikasi.

Solusi

Hapus akun Google dan tambahkan kembali, atau mencoba akun alternatif.

 

30. Google Play – Error 924

Masalah

Biasanya terjadi ketika mencoba untuk mendownload aplikasi yang lebih besar. Setelah aplikasi didownload, tetapi pesan Google Play error, mengatakan instalasi tidak berhasil dilakukan karena ada kesalahan

Solusi

Buka Settings> All> Google Play Store>  Uninstall update. Setelah Anda melakukan ini, coba download aplikasi yang bermasalah tadi.

31. Google Play – Error 110

Masalah

Aplikasi tidak dapat diinstal.

Solusi

Buka Settings> Applications> All> Google Play Store> Clear cache. Jika masalah terus berlanjut, coba download aplikasi dari situs Play Store.

 

32. Google Play – Error 940

Masalah

Aplikasi tidak bisa didownload

Solusi

Ini cukup sederhana, restart perangkatmu. Jika ini belum berhasil ikuti langkah berikut: Pergi ke Settings> Applications> All> Google Play Store> Clear cache
Buka Settings> Applications> All> Download / Download manager> Clear data
Lakukan hal yang sama untuk ‘Google Services Framework’, ‘Google Apps’, ‘Google Hangouts’, ‘Checking Services’. Beberapa pengguna melaporkan perlu untuk menghapus data pada Chrome.

 

34. Google Play – Error 906, 907 dan 963

Masalah

Terjadi terutama pada HTC One M8 dan perangkat M9 ketika mencoba untuk mendownload atau memperbarui aplikasi melalui Play Store.

Solusi

  • Pertama: Pergi ke Settings> Applications> All> Google Play Store> Clear cache. Kembali ke layar sebelumnya dan  pilih Downloads / Download Manager> Clear data.
  • Kedua: Settings> Applications> All> Google Play Store> Uninstall update; kembali ke layar sebelumnya, pilih Google Play> Clear data.
  • Ketiga: Menonaktifkan kartu memori SD Anda. Buka Settings> Storage> Unmount kartu SD> OK. Kembali ke Play Store dan coba download atau memperbarui aplikasi lagi. Jika berhasil, kembali ke Settings> Storage> Mount kartu SD.
  • Keempat: Memindahkan aplikasi ke memori internal perangkat Anda. Pergi ke Settings> Applications> All> (aplikasi menyebabkan masalah)> Move to Internal Memory. Kembali ke Play Store, cobalah mendownload atau memperbarui aplikasi lagi, dan jika bekerja, tinggal pindahkan kembali aplikasi ke kartu SD

Apabila solusi-solusi di atas tidak menyelesaikan masalah Google Play error pada Google Play Store-mu, mungkin Kamu bisa mencoba untuk reinstall atau memasang ulang Google Play. Pada beberapa kasus, solusi ini cukup ampuh.

Demikian penjelasan panjang tentang kode error di Google Play Store dan solusinya. Silahkan Kamu sesuaikan dengan kode error yang ditemui  pada smartphonemu. Selamat mencoba, semoga berhasil. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima Kasih.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

It is main inner container footer text