img

Download dan Instal Mediatek USB Vcom Driver

/
6324 Views

Mediatek USB Vcom Driver merupakan driver yang menghubungkan antara smartphone Android berbasis chipset mediatek dengan komputer atau laptop. Gampangnya sih biar smartphone dikenali oleh Komputer. Tanpa driver yang terinstal dengan benar maka  proses flash akan terjadi kegagalan. Bagi teman-teman yang mau flash firmware Android dengan menggunakan aplikasi SP Flash Tool memang diharuskan menginstal driver smartphone-nya terlebih dahulu. Instalasi yang ditulis di artikel ini tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengikuti langka-langkahnya dengan teliti dan hati-hati agar tidak terjadi masalah.

Instal Manual Mediatek USB Vcom Driver

Alat dan Bahan

  1. Seperti biasa, yang pertama kamu harus ada komputer/laptop.
  2. Download Mediatek USB Vcom Driver. (yang belum punya bisa download di sini)
  3. Otak yang cerdas tentunya (namanya belajar kan, hehe..)

Langkah-Langkah

  1. Driver yang sudah didownload tadi masih berbentuk file zip. ekstraklah ke direktori bebas seperti pada My Document, Download dan lain sebagainya.
  2. Buka Device Manager dengan cara klik kanan My Computer (Windows 7) atau This Computer (Windows 10) lalu pilih Manage. Kemudian pilih Device Manager pada sebelah kiri.
    Mediatek USB Vcom Driver
  3. Selanjutnya klik kanan pada ‘Nama PCmu’ lalu pilih Add Legacy Hardware.
    install-usb-vcom-driver
     
  4. Setelah muncul jendela Add hardware klik tombol Next.
  5. Di jendela berikutnya pilih Install the Hardware that i manually select from a list (Advanced). Lalu klik tombol Next.
    Mediatek USB Vcom Driver
  6. Kemudian pilih Show All Devices (Windows 10) atau All Devices (Windows 7) lalu klik tombol Next.
    Mediatek USB Vcom Driver
  7. Selanjutnya tekan tombol Have Disk, lalu tekan tombol Browse. Carilah file driver yang berekstensi .inf yang sebelumnya telah diekstrak. lalu klik tombol Open.
    Mediatek USB Vcom Driver
  8. Setelah drivernya terbuka, klik tombol Next, lalu klik tombol Next lagi. Tunggu sampai proses instalasi driver selesai.
    Mediatek USB Vcom Driver
  9. Jika instalasi berhasil maka akan muncul jendela seperti dibawah ini. Terakhir klik tombol Finish.Mediatek USB Vcom Driver

Apabila Driver sudah terinstal dengan benar maka ketika Smartphone di sambungkan dengan PC melalui port USB maka pada Device Manager akan muncul Device dengan nama “USB Vcom ….” atau “Mediatek USB Vcom ….” dan sebagainya. Jika masih terdeteksi sebagai “Unkown Device” berarti driver belum terinstal dengan benar, silahkan ulangi langkahnya.

Setelah Berhasil instal Mediatek USB Vcom Driver, sekarang Kamu sudah dapat menggunakan SP Flash Tool.

Demikian tutorial ini semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

It is main inner container footer text