img

Cara Mudah Porting Boot.img Android

/
4896 Views

Ketika sedang asyik port ROM kadang ditemui masalah seperti setelah ROM hasil port di flash ke smartphone Kita ternyata Smartphone justru gagal booting ditandai dengan layar smartphone hanya berwarna putih/garis-garis/gambar yang gak jelas atau mungkin smartphone mengalami bootloop. Hal ini bisa terjadi karena file boot.img atau kernel yang kita gunakan tidak cocok. Ketika seperti ini berarti Kita diharuskan sedikit repot untuk mem-port Boot.img. Berikut ini aku sajikan cara mudah port boot.img:

Cara Mudah Porting Boot.img Android

Bahan-Bahan Porting Boot.img

  1. Aplikasi Bootimg (berguna untuk unpack/repack boot.img, yang belum punya bisa download di sini)
  2. File boot.img dari stock ROM dan ROM yang akan diporting

Langkah-Langkah Porting Boot.img

  1. Ekstrak aplikasi Bootimg yang telah didownload tadi. Misalkan foder hasil ekstraknya bernama boot_edit.
  2. Copy file boot.img dari stock ROM ke folder boot_edit.
  3. Buka folder boot_edit yang berisi aplikasi Bootimg lalu tekan tombol SHIFT + KLIK KANAN, jika Kamu menggunkan Windows 7 , coba tekan tombol CTRL + KLIK KANAN lalu pilih “Open command window here”.
    cara porting boot.img
  4. Ketiklah atau copy-paste kode jendela CMD dibawah ini:

    bootimg.exe –unpack-bootimg boot.img

    cara porting boot.img

  5. Sekarang Kamu telah berhasil membongkar file boot.img lalu pindahkan semua file di folder boot_edit (kecuali file bootimg.exe – aplikasi) ke folder yang lain, misalkan stock boot.
    cara porting boot.img
  6. Kemudian copy file boot.img dari port ROM (yang akan Kamu porting) ke folder boot_edit. Berikutnya bongkar file boot.img tersebut. Caranya sama dengan saat membongkar file boot.img dari stock ROM.
  7. Setelah proses unpack/membongkar boot.img selesai, gantilah file bernama “kernel” dari folder stock boot  ke folder boot_edit.

    cara porting boot.img

    *)Dalam beberapa kasus, jika Kamu menjumpai bootloop, gantilah file dari foldel stock boot ke folder boot_edit yang bernama ueventd.rc” (boot_edit/initrd/ueventd). Ganti file ini untuk port CM12.1 dan MIUIKhusus untuk cross port Mediatek (Port dengan jenis chipset yang berbeda), abaikan jika Kamu port dengan jenis chipset yang sama. Cari dan buka file bernama  “init.rc” pada folder boot_edit dengan menggunakan apliaksi Notepad++ lalu tekan tombol CTRL + F (untuk mencari kata/kalimat). Kemudian ketiklah nama chipset dari smartphone-mu. Misalkan jika Kamu port dari mt6592 ke mt6582 maka carilah kata “6592” gantilah dengan “6582” kemudian simpan/save file tersebut.
    cara porting boot.img
  8. Terakhir repack/susun ulang file boot.img dengan mengetik kode dibawah ini ke CMD lalu tekan Enter.

    bootimg.exe –repack-bootimg

  9. Proses porting sudah selesai. Kamu akan mendapatkan file baru bernama “boot-new”. Inilah file boot.img hasil portinganmu.

Demikian langkah-langkah porting boot.img. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Credit: All Time Hitz, Muhe

 

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

It is main inner container footer text