img

Cara Mudah Mengganti Font Android dengan Root

/
5163 Views

Sobat, ketemu lagi nih. Kali ini Aku berbagi panduan Cara mudah mengganti Font Android dengan Root. Pada tulisan sebelumnya, Aku juga menulis panduan yang sama namun tanpa root. Pada tulisan ini, Aku coba memberi solusi atas keterbatasan metode mengganti font Android tanpa root. Memang apabila ponsel  telah di-root, Kita bisa memperoleh manfaat lebih, keleluasaan mengganti font contohnya. Apabila Kamu ingin tahu manfaat lain dari root Android bisa lihat di sini.

Cara Mudah Mengganti Font Android dengan Root

Harus Baca!

Jika Kamu memiliki hak akses root pada ponsel atau tablet, Kamu akan dapat mengubah file sistem dan dalam proses melakukannya, Kamu bisa membuat ponsel/tabletmu bootloop maka berhati-hatilah!

  • Informasi dalam panduan ini disediakan untuk tujuan instruksional dan pendidikan saja. Tidak ada jaminan bahwa panduan ini akan selalu berhasil pada keadaan tertentu.
  • Gunakan panduan ini dengan risikomu sendiri. Penulis tidak akan ikut bertanggung jawab jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan akibat mengikuti panduan ini.
  • Baca dan pahami terlebih dahulu semua petunjuk dalam panduan ini, sebelum benar-benar mempraktikkannya.
  • Lalukan juga riset terlebih dahulu terhadap ponsel/tabletmu, baik lewat forum, media sosial atau blog.

Ada banyak aplikasi di Play Store untuk Meengganti Font Android dengan Root

Cara mudah untuk mengubah font pada perangkat Android yang telah di-root adalah dengan menggunakan aplikasi pengganti font yang mendukung perangkat root. Ada banyak aplikasi terdapat di Google Play Store. Kebanyakan dari aplikasi itu juga menawarkan fungsi preview (pratinjau) yang memungkinkan Kamu untuk melihat seperti apa font terlihat.

Dalam tulisan ini, dibahas dua aplikasi pengganti font yang layak dicoba: Font Installer dan iFont.

Font Installer

Untuk ponsel root, Font Installer adalah aplikasi gratis yang bagus untuk mengubah font sistem. Aplikasi ini memiliki fitur pratinjau font, maka ketika Kamu menggulirkan layar ke atas dan ke bawah untuk melihat font bawaan, Kamu akan tahu persis seperti apa font itu terlihat ketika diaktifkan ke perangkat.

mengganti font android dengan root font installer

Font Installer adalah sebuah aplikasi yang mendukung iklan. Iklan akan muncul di bagian bawah. Kamu dapat menghapus iklan dengan membeli lisensi.

Cara menginstal file font TTF yang telah Kamu simpan di Ponselmu:

  1. Salin file font TTF yang ingin Kamu pasang ke ponselmu, sebaiknya ke direktori /sdcard.
  2. Jalankan Font Installer.
  3. Sebelum mengganti font sistemmu, backup terlebih dahulu font default sistem. Tekan pada tombol menu (ikon titik tiga) dan pilih Backup/Restore . Lalu pilih Backup . Jika Superuser atau SuperSU meminta izin maka berikan izin.
  4. Tekan pada tab Lokal untuk membuka direktori explorer. Cari file font TTF yang telah Kamu siapkan tadi.
  5. Tekan pada file font TTF yang ingin Kamu pasang. Dari dialog pop-up, ketuk Install untuk mengaturnya sebagai font default sistem. (Jika Kamu ingin melihat pratinjau font trelebih dahulu, tekan Preview.)
  6. Jika Superuser atau SuperSU meminta izin maka berikan izin.
  7. Font Installer akan memintamu untuk me-reboot ponselmu. Ketuk Yes .

mengganti font android dengan root font installer

Untuk menginstal font baru dari koleksi font secara online Font Installer ini:

  1. Buka Server tab di Font Installer aplikasi untuk melihat katalog font.
  2. Tekan pada nama font yang Anda sukai.
  3. Dari dialog popup, tekan pada Preview jika Anda ingin melihat contoh teks diberikan dalam font yang dipilih; atau, tekan Install jika Anda ingin men-download font dan mengaturnya sebagai sistem font Anda.
  4. Jika cadangan peringatan / pemberitahuan muncul, pastikan Anda membiarkan backup aplikasi file font Anda. Hal ini seharusnya tidak memakan waktu lama.
  5. Memungkinkan aplikasi untuk reboot perangkat Anda.

Download Font Installer

iFont

Tidak seperti Font Installer, iFont adalah aplikasi yang dapat bekerja pada sebagian besar ponsel Samsung (dan beberapa lainnya) bahkan meskipun ponsel itu belum di-root. Tapi, untuk bisa memperluas fungsi aplikasi ini agar bisa digunakan pada perangkat lain, Kamu akan memerlukan akses root. (Ya, Kamu juga bisa menggunakannya pada ponsel Samsung yang telah di-root.)

mengganti font android dengan root ifont

Cara download font, instal font dan menggunakan font kustom melalui tab Online:

  1. Tekan pada font yang ingin Kamu instal.
  2. Ketuk tombol Download.
  3. Ketuk tombol Set.
  4. Jika Anda mendapatkan jendela perintah tentang pengaturan mode untuk System Mode , cukup tekan tombol OK.
  5. Ponselmu akan reboot untuk menerapkan font baru.

mengganti font android dengan root ifont

Jika Kamu ingin menggunakan file TrueType (TTF) dari direktori lokal, cukup menyalin file TTF ke direktori /sdcard/ifont/custom pada ponselmu. Kemudian, lakukan hal berikut:

  1. Pada layar utama iFont, tekan pada tombol menu (titik tiga di sudut kanan atas).
  2. Ketuk pada Settings > Change Font Mode . Jika Kamu menggunakan ponsel root non-Samsung, pilih System Mode. Jika menggunakan ponsel root Samsung, pilih Samsung Mode.
  3. Pergi ke tab Custom di aplikasi iFont.
  4. Tekan pada font yang ingin Kamu gunakan.
  5. Ketuk tombol Set.
  6. Jika diminta apakah ingin mengubah font, tekan OK .
  7. Jika Kamu mendapatkan jendela perintah tentang pengaturan mode untuk System Mode, cukup tekan tombol OK.
  8. Ponselmu akan segera menerapkan font baru atau reboot untuk menerapkan font baru.

Download iFont

Mana Para Oprekers?

Sejauh ini, Kita telah membahas metode yang bebas rasa lelah, bebas keringat, dan mudah untuk mengganti font Android pada ponselmu. Tapi, jika Kamu memiliki jantung oprekers, atau Kamu menyukai sensasi melakukan hal-hal secara manual, maka Kamu akan menemukan banyak hal menyenangkan dalam mengganti font Android secara manual pada ponselmu.

Metode mengganti font Android dengan root ini tentu membutuhkan akses root karena Kamu akan menembus direktori sistem yang dilindungi, khususnya direktori /system/font, di mana file font yang digunakan oleh ponselmu berada. Ada dua metode manual untuk mengubah font Android yaitu melalui Android Debug Bridge (ADB) dan melalui aplikasi file manager level root. Sebelum Aku membahas tentang dua metode tadi, mari Kita bicara tentang font sistem terlebih dahulu.

Font sistem (System Font)

Jika Kamu cukup berani untuk mengubah font secara manual di ponsel Androidmu, ada file font yang perlu diketahui:

  • Roboto-Regular.ttf – file font ini adalah yang paling banyak digunakan di seluruh sistem. Aku melihat hampir di mana-mana, mulai dari label aplikasi sampai teks menu.
  • Roboto-Bold.ttf – file font ini adalah variasi tebal dari Roboto. Berbeda dengan jenis huruf biasa, yang satu ini tidak sering terlihat. Jika ada teks tebal di beberapa bagian dari ponselmu, font ini kemungkinan besar yang digunakan.
  • Roboto-Italic.ttf – file font ini adalah variasi italic atau miring dari Roboto.
  • Roboto-BoldItalic.ttf – file font  ini adalah variasi tebal dan miring dari Roboto.

Semua font ini berada di dalam direktori /system/font. Sebagai permulaan, Kamu mungkin ingin bermain-main dengan file Roboto-Regular.ttf, karena itu adalah salah satu yang tampaknya paling banyak digunakan di seluruh sistem.

Ide umum secara keseluruhan adalah untuk mengganti file font default dengan file font baru yang memiliki nama persis dengan font aslinya (default) tetapi di dalam font baru berisi tipografi baru yang ingin Kamu gunakan.

Misalnya, jika Kamu ingin menggunakan file font TTF bernama Times_New_Roman.ttf untuk menggantikan Roboto-Regular.ttf , Kamu harus mengubah nama file “Times_New_Roman.ttf” menjadi “Roboto-Regular.ttf ” lalu menyalinnya (dengan replace/mengganti file lama) ke dalam direktori /system/font.

SANGAT PENTING: Selalu buatlah salinan cadangan dari file font yang akan Kamu ganti sehingga jika terjadi kesalahan, Kamu akan memiliki salinan untuk dikembalikan. Aku biasanya mengubah nama file asli menjadi sesuatu dengan ekstensi * .bak, atau dengan tambahan kata “bak” dalam nama file (yaitu, Roboto-Regular.ttf diubah namanya menjadi Roboto-Regular.ttf.bak atau Roboto-Regular-bak.ttf ). Dengan cara ini, file asli tetap dalam direktori yang sama tetapi dengan nama file yang berbeda.

Hal ini juga merupakan ide yang bijak untuk membuat salinan cadangan di harddisk PC-mu dan dalam direktori yang berbeda pada perangkat Androidmu.

Mengganti Font Android melalui ADB

Kamu dapat menggunakan Android Debug Bridge (ADB) untuk mengubah font pada Android. Untuk metode ini, Kamu akan memerlukan hal berikut ini:

  • Sebuah ponsel Android yang telah di-root. Akses root diperlukan agar Kamu bisa mengutak-atik file sistem yang berada di direktori yang dilindungi.
  • Sebuah komputer dengan Software Android Development Kit (SDK) terpasang dengan benar.
  • Jika menggunakan Windows, driver USB ponselmu harus sudah diinstal.
  • ADB harus mampu mendeteksi ponselmu.
  • Kabel USB untuk ponselmu
  • File font TrueType (TTF) yang ingin Kamu gunakan.

mengganti font android dengan root adb

Dalam langkah-langkah ini, file font yang disebut Times_New_Roman.ttf akan digunakan untuk menggantikan file font sistem bernama Roboto-Regular.ttf .

  1. Pada komputermu, ubah nama nama Times_New_Roman.ttf menjadi Roboto-Regular.ttf .
  2. Silahkan gunakan cara yang menurutmu mudah, salinlah file font Roboto-Regular.ttf  (ini adalah font baru yang di-rename tadi.) ke ponselmu dengan direktori /sdcard.
  3. Buka terminal atau command prompt pada Komputermu.
  4. Jalankan remote shell interaktif pada komputermu dengan perintah berikut di terminal atau command prompt:

    adb shell

  5. Lalu jalankan perintah berikut:

    su
    mount -o remount,rw /system

  6. Tahap selanjutnya backup/cadangkan file font asli(Roboto-Regular.ttf, dalam hal ini) menjadi sesuatu yang lain dengan cara mengganti nama file itu:

    cd /system/fonts
    mv Roboto-Regular.ttf Roboto-Regular.ttf.bak

  7. Salin file font baru dari direktori /sdcard ke direktori font:

    cp /sdcard/Roboto-Regular.ttf /system/fonts

  8. Pastikan bahwa file yang disalin terbaca (baik 644 atau 666). Ini sangat penting. Jika sistem tidak dapat membaca file, sistem Androidmu akan bootloop:

    chmod 644 Roboto-Regular.ttf

  9. Keluar dari shell interaktif:

    exit

  10. Reboot ponselmu dan periksa apakah font baru telah diterapkan.

Menggunakan Aplikasi File Manager

Metode alternatif ini menyelesaikan hal yang persis sama dengan metode ADB, tetapi yang satu ini lebih mudah karena Kamu tidak perlu mengetik perintah di terminal atau command prompt.

Untuk metode ini, Kamu harus memiliki:

  • Sebuah ponsel Android yang telah di-root. Akses root diperlukan agar Kamu bisa mengutak-atik file sistem yang berada di direktori yang dilindungi.
  • Sebuah aplikasi File Explorer mampu menavigasi ke direktori root (misalnya, ES File Explorer)
  • Direktori /system  memiliki Read and write permissions (bisa dibaca dan dirubah). Jika direktori itu di-mount sebagai read-only, prosedur ini mungkin tidak bekerja atau ponselmu mungkin bisa bootloop.
  • File font TrueType (dengan ekstensi * .ttf) disalin ke direktori /sdcard atau pilihan lokasi lain yang mudah menurutmu.

mengganti font android dengan root es file explorer

Langkah-langkah berikut menjelaskan proses mengganti font Android dengan root secara manual melalui bantuan aplikasi file manager. Langkah-langkah ini menggunakan ES File Explorer. Jika Kamu menggunakan aplikasi file manager yang berbeda, langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda. Sama seperti dalam metode ADB, metode ini menggunakan Times_New_Roman.ttf sebagai contoh file pengganti.

mengganti font android dengan root es file explorer

  1. Silahkan gunakan cara yang mudah menurutmu, salinlah file Times_New_Roman.ttf  ke direktori yang mudah pada ponsel Androidmu (sebaiknya direktori /sdcard).
  2. Jalankan aplikasi ES File Explorer pada ponselmu.
  3. Tekan pada tombol menu (Gambar 3 garis di sebelah kiri atas), lalu ketuk pada bagian Tools. Geser ke bawah lalu aktifkan “Root Explorer“. Jika Superuser atau SuperSU meminta izin maka izinkanlah. Juga aktifkan opsi “Mount File System.”
  4. Arahkan ke direktori /system/font. Carilah file Roboto-Regular.ttf , tekan lama pada file itu, pilih Rename pada menu, ketikkan nama baru untuk file itu, dan kemudian tekan tombol OK. File font yang telah berganti nama berfungsi sebagai salinan cadangan asli dari file Roboto-Regular.ttf , hanya jika Kamu ingin mengembalikannya nanti.
  5. Arahkan ke tempat dimana Kamu menyimpan file font yang ingin diterapkan sebagai font default sistem (yaitu, Times_New_Roman.ttf dalam contoh ini).
  6. Ubahlah nama Times_New_Roman.ttf menjadi Roboto-Regular.ttf dengan menekan lama pada file, lalu pilih Rename , ketik nama file yang baru, dan tekan tombol OK.
  7. Tekan lama pada file yang baru diganti namanya tadi. Pilih Copy To dari menu pop-up. Pilih /system/font dari browser direktori. Tekan tombol OK untuk menyalin file ke direktori yang dipilih.
  8. Arahkan ke direktori /system/font.
  9. Tekan lama pada file Roboto-Regular.ttf yang baru saja disalin. Pilih Properties dari menu.
  10. Pada jendela dialog Properties, tekan tombol Change. Pastikan bahwa ada tanda cek pada “Read” Permissions untuk pengguna, grup, dan lainnya. Kemudian, pastikan bahwa ada tanda centang untuk “Write” Permissions untuk pengguna. Tekan tombol OK untuk menyimpan permissions baru.
  11. Reboot ponselmu untuk menerapkan font baru.

Download ES File Explorer
 

Penutup

Mengubah font Android bukanlah tugas sehari-hari yang dilakukan oleh mayoritas orang pada ponsel atau tablet mereka. Tapi di antara para pengguna yang merasa perlu mengubah tipografi pada ponsel mereka, ada hal-hal yang bisa melegakan hati ketika diketahui yaitu bahwa (1) mengubah font Android dapat dilakukan dan (2) ada beberapa metode/cara yang dapat digunakan untuk melakukannya. Utamanya dalam tulisan ini membahas cara mengganti font Android dengan Root.

Apakah Kamu pernah mengganti font Android? Entah itu di User Interface atau lainnya? Apakah Kamu juga menggunakan salah satu metode di panduan ini? Jika Kamu pernah melakukannya tapi menggunakan metode lain yang tidak ada di sini, silahkan ceritakan di kolom komentar.

Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Credit: TeamAA (Android Authority)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

It is main inner container footer text