img

6 Langkah Mudah Mengatasi Android Download Aplikasi Sendiri

/
642 Views

Cara Mengatasi Android Download Aplikasi Sendiri – Apakah smartphone Androidmu sering download dan install aplikasi sendiri? Atau sering muncul pop-up iklan di tengah layar yang menjengkelkan? Hhmm.. Kemungkinan besar Androidmu telah terinfeksi malware (virus) atau adware. Aplikasi malware / adware sangat merugikan bagi pengguna karena akan menghabiskan resource Android, seperti menjadikan boros baterai, menghabiskan kuota data (karena terus mendownload aplikasi asing dan iklan) dan yang jelas mengurangi kenyamanan pengguna. Terkadang malware atau adware mampu menyusup ke system atau bahkan sengaja ditambahkan oleh vendor ke dalam system sebagai bloatware (semacam aplikasi bawaan pre-install) dengan tujuan memperoleh keuntungan tanpa memperhatikan kenyamanan pengguna.

Jika malware / adware telah menyusup de dalam system maka pilihan solusinya ada 2 yaitu Flash Ulang atau Root Android. Flash ulang artinya melakukan flash kembali firmware dari smartphone Android, tentu yang bebas dari malware / adware tadi. Percumah jika melakukan flash ulang tapi ternyata masalah terdapat pada firmwarenya, seperti yang dijumpai pada Firmware Evercoss A75A atau A74A. Atau solusi kedua adalah dengan melakukan root Android lalu menghapus / remove aplikasi yang dicurigai sebagai malware / adware.

Penjelasan lebih lengkap tentang root silahkan lihat: Apa itu Root Android?

Tanda – Tanda Android Terinfeksi Malware / Adware

  1. Gambar Kado’. Jangan kira Kamu akan mendapatkan hadiah berisi mobil dll. Yup, kado ini jika dibuka maka sebuah iklan yang akan muncul. Sangat mengganggu disaat Kamu sedang asik bermain-main dengan smartphone, tiba-tiba muncul kado nan cantik ini.
    Mengatasi Android sering Download Aplikasi Sendiri dan sering muncul iklan

  2. Pop-Up Iklan sering muncul ketika Kita sedang menggunakan smartphone. Misalkan sedang mengetik pesan WA, membuka menu (App Drawer), melihat Foto dan aktivitas lainnya yang tentunya sangat mengganggu. Ditambah untuk menutup iklan itu perlu menekan tombol (X) yang ukurannya kecil di pojok.
    Mengatasi Android sering Download Aplikasi Sendiri dan sering muncul iklan

  3. Selain pada menu (App Drawer), iklan bisa muncul dimana saja termasuk di lokasi tempat ikon pemberitahuan (notifikasi). Cara menghapusnya hanya mengeklik iklan tersebut.
    Mengatasi Android sering Download Aplikasi Sendiri dan sering muncul iklan

  4. Download dan Install Aplikasi Sendiri, ini termasuk yang paling menjengkelkan karena selain menghabiskan kuota data internet tapi juga menghabiskan penyimpanan telepon.

Kalau sudah begini terus harus bagaimana?

Cara mengatasi Android Sering Download dan Install Aplikasi sendiri, serta Sering Muncul Iklan

  1. Download dan scan smartphone Androidmu menggunakan Antivirus Kesayanganmu. Di sini Aku mencontohkan menggunakan AVG Antivirus dan CM Security. Keuntungan menggunakan AVG Antivirus adalah dapat menunjukkan nama file malware / adware-nya. Menggunakan 2 antivirus dapat membantu jika ada virus / malware / adware yang tidak terdeteksi pada salah satu dari antivirus yang kita punya. Catatlah nama file yang diduga malware tersebut pada selembar kertas.
    Mengatasi Android sering Download Aplikasi Sendiri dan sering muncul iklan
    Mengatasi Android sering Download Aplikasi Sendiri dan sering muncul iklan

  2. Tutup Aplikasi Antivirus, kemudian pergilah menuju ‘Settings’> ‘Apps’> ‘All’. Lalu cocokkanlah nama aplikasi dalam catatanmu dengan aplikasi yang terinstall di Androidmu. Jika nama tersebut cocok, berarti Kamu harus menghapusnya. Jika aplikasi tersebut hanya apliaksi biasa maka bisa dihapus / uninstall dengan cara normal. Namun jika aplikasi itu termasuk bloatware maka dapat dipastikan bahwa Kamu tidak bisa menghapusnya secara manual.
    Mengatasi Android sering Download Aplikasi Sendiri dan sering muncul iklan
    Mengatasi Android sering Download Aplikasi Sendiri dan sering muncul iklan

  3. Oke, untuk menghapus aplikasi bloatware yang dicurigai sebagai virus / malware / adware, Kamu perlu bantuan aplikasi System App Remover. Ingat! Aplikasi ini memerlukan akses root sehingga Androidmu harus dalam keadaan rooted. Jika belum tahu caranya root Android silahkan mencoba tool One-Click-Root seperti Kingroot, Kingo Root atau aplikasi sejenis.

  4. Banyak nama file yang menjebak, mirip dengan nama sebuah system android, sehingga untuk menghapusnya kita jadi ragu. Jika Anda ragu, maka sebelum menghapusnya, saran Saya backup lah semua file dengan menggunakan ‘Titanium Backup’. Jika Kamu salah menghapus aplikasi jangan khawatir, karena Kmau masih bisa mengembalikan aplikasi tersebut melalui restore files yang ada pada ‘Titanium Backup’.

  5. Jika file yang diduga virus tersebut telah dihapus / uninstall, maka seharusnya smartphone Androidmu akan kembali normal seperti sediakala, jika belum, maka dapat dipastikan ada aplikasi malware / adware lain yang belum dihapus / uninstall. Kalau file virus / malware / adware tidak terdeteksi maka cobalah menggunakan antivirus lainnya.

  6. Kalau Anda ingin kembali meng-Unroot Androidmu, silahkan ikuti Panduan Cara mudah Unroot Android.

Demikian semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau komentar silahkan menulis di kolom komentar. Terima kasih.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

It is main inner container footer text